Cara Ampuh Memilih Toko Supplier Berkualitas di Tokopedia

Memilih toko supplier yang berkualitas adalah salah satu cara yang paling ampuh agar kita mendapatkan barang yang bagus ketika hendak berjualan online. Istilah toko ini dapat ditemukan pada online shop Tokopedia, sedangkan untuk Bukalapak adalah pelapak, atau secara umumnya bisa dibilang supplier.

Supplier adalah hal yang penting ketika Anda hendak berbelanja online. Pasalnya suplayer yang baik pasti akan memberikan kualitas barang yang bagus untuk konsumennya. Sebaliknya, jika supplier yang asal-asalan dan hanya mementingkan keuntungan yang besar maka biasanya ia tidak terlalu mementingkan kepuasan konsumen, yang terpenting baginya hanyalah keuntungan semata.

Di Tokopedia khususnya, ada beberapa fitur penunjang yang dapat Anda gunakan untuk melihat dan membandingkan suplayer yang baik dan kurang baik. Hal ini jarang sekali dilihat oleh pembeli, entah itu karena tidak mengetahui caranya, malas atau hal lainnya. Baiklah berikut cara ampuh memilih toko berkualitas di tokopedia.

Cara Ampuh Memilih Toko Suplayer Berkualitas di Tokopedia

Sebelum nya Anda klik terlebih dahulu toko yang ingin Anda amati atau ingin Anda beli produknya. Lalu setelah itu perhatikan beberapa hal berikut:

Kecepatan Pengiriman

Kecepatan pengiriman toko adalah hal yang penting. Fitur "Kecepatan Pengiriman" yang disediakan oleh pihak tokopedia ini sebetulnya sangat membantu sekali, hanya saja masih banyak pembeli yang belum mengatahui atau sedikit mengabaikannya. Setiap pembeli pasti menginginkan barang yang dibelinya secara online cepat sampai tujuan. Tapi terkadang hal itu sulit terjadi karena mungkin pembeli tidak memperhatikan Kecepatan Pengiriman dari suatu toko, hasilnya barang lama sekali sampai.

Cara mengetahui kecepatan pengiriman sutau toko adalah dengan melihat angka yang tertera di sebelah kanan gambar mobil (ukurannya kecil, terletak di sudut kanan atas di bawah gambar sampul toko) yang ada pada toko. Pilihlah toko yang memiliki kecepatan pengiriman kurang dari 8 jam, usahakan jangan lebih dari itu apa lagi jika sampai berhari-hari. Semakin kecil angkanya semakin cepat pengirimannya.

Reputasi


Reputasi dari sebuah toko adalah penilaian dari pembeli yang sudah pernah membeli barang dari toko tersebut. Di tokopedia terdapat fitur "Reputasi" yang bertujuan untuk memberi tahukan reputasi atau jumlah penilaian yang dimiliki oleh sebuah toko kepada pengunjung. Reputasi ini digambarkan melalui logo dan angka (points) yang terdapat di sudut kanan atas dibawah gambar sampul. Jumlah reputasi yang didapatkan akan di lambangkan dengan logonya masing-masing tergantung points nya. Yang terendah adalah 5-10 points yang memiliki lambang bronze1 dan yang paling tinggi adalah 500.001 points dengan lambang diamond5.

Hal ini penting diketahui, karena dapat menentukan baik atau buruknya suatu toko. Tetapi sebelum itu, Anda harus melihat terlebih dahulu barang yang sudah terjual dan tahun dibukanya toko tersebut (pojok kanan atas dibawah gambar sampul toko). Jika produk yang terjual telah banyak dan toko telah buka sejak lama tetapi memiliki reputasi yang rendah, maka itu kemungkinan toko tersebut kurang bagus atau kurang dapat memuaskan pelanggan dalam pelayanannya. Tetapi jangan terburu-buru menyimpulkan dari hal ini saja, sebab reputasi yang rendah bukan hanya karna toko yang kurang bagus tetapi juga bisa jadi karena toko tersebut baru buka atau baru dibuat, maka dari itu saja menyarankan lihat terlebih dahulu tahun dibukanya toko tersebut.

Detail Statistik

Menu ini bertuliskan "Lihat Detail Statistik" yang berwarna merah disebelah menu "Kirim Pesan". Ini adalah yang paling penting, karena pada menu inilah Anda dapat melihat dengan lengkap Statistik dari sebuah toko. Terdapat beberapa kolom di dalam menu tersebut diantaranya:

Nilai Kualitas Produk dan Nilai Akurasi Produk

Sesuai dengan namanya, disini Anda dapat melihat nilai kualitas keseluruhan dari sebuah toko. Semakin besar nilainya maka semakin bagus kualitasnya. Begitu juga dengan nilai Akurasi Produk, semakin besar nilainya maka semakin bagus juga akurasinya. Nilai ini diberikan dalam bentuk bintang, paling tinggi bintang lima dan paling rendah bintang satu.

Statistik Kepuasan Toko

Nilai ini terdiri dari 3 yaitu Positif, Netral dan Negatif. Kepuasan Toko, Nilai Kualitas serta Nilai Akurasi Produk diberikan ketika pembeli memberikan ulasannya setelah barang yang dipesannya pada suatu toko telah sampai tujuan. Jadi data-data yang diberikan pada kedua menu diatas adalah data nyata atu real langsung dari pembeli. Semakin banyak nilai positif yang diberikan, maka semakin bagus pula nilai kepuasan pembeli pada toko tersebut. Nilai kepuasan ini bisa dari segi pengiriman yang cepat atau juga dari segi kualitas barangnya.

Yang terakhir adalah Statistik Transaksi dan Rata-rata Kecepatan

Menu Statistik Trensaksi ini memberitahukan kepada pengunjung tentang transaksi yang sudah pernah terjadi pada suatu toko. Penilaian yang diberikan berbentuk persen (%). Saya akan memberikan contoh agar Anda paham. Misalnya suatu toko dalam satu bulan mendapat total pesanan 100 transaksi, tetapi toko tersebut membatalkan 10 transaksi yang ada karena beberapa alasan. Otomatis toko tersebut hanya melayani 90 transaksi. Berarti statistik transaksi toko tersebut adalah 90% karena dari 100 transaksi hanya melayani 90 transaksi dan 10 transaksi dibatalkan.

Sedangkan untuk "Rata-rata Kecepatan" sudah saya jelaskan pada pembahasan mengenai Kecepatan Pengiriman diatas, bedanya tidak terlalu jauh hanya saja disini tidak menggunakan angka melainkan menggunakan diagram. Jarum yang ada akan menunjukkan kecepatan toko tersebut sesuai dengan warna dan letaknya. Semakin ke kanan jarum penunjuknya maka semakin bagus, lalu nanti akan ada tulisan yang terdiri dari: Sangat cepat, cepat, sedang, lambat dan sangat lambat. Pilihlah toko yang bertuliskan cepat dan sangat cepat.

Setelah Anda menemukan toko yang menurut Anda baik, maka Anda dapat mengklik tombol "Jadikan Favorit" untuk memudahkan Anda menemukan toko tersebut bila suatu saat Anda hendak membeli barang kembali di toko tersebut.

Sekian postingan saya mengenai cara ampuh memilih toko suplayer berkualitas di tokopedia. Jangan pernah malas untuk meneliti segala sesuatunya sebelum berbelanja online agar barang yang hendak Anda beli tidak mengecewakan. Jangan pula terlalu terburu-buru membeli ketika melihat barang yang Anda pikir bagus tanpa melihat secara detail. Sesungguhnya segala sesuatu yang terburu-buru itu tidaklah baik. Semoga bermanfaat. Terimakasih
Related Post