4 Trik Fitur WhatsApp yang Jarang Sekali Diketahui Orang

WhatsApp adalah sebuah aplikasi kirim pesan yang simple dan sangat mudah untuk digunakan. Hal itu pula lah yang membuat WhatsApp banyak disukai oleh penggunanya dari berbagai kalangan usia baik tua maupun muda.

Kesuksesan WhatsApp sudah terbukti dari pengguna aktifnya yang mencapai 1 miliar user. Ditambah lagi, dalam sehari ada lebih dari 42 miliar pesan yang dikirim oleh penggunanya dari berbagai penjuru dunia.

Dari banyaknya pengguna yang ada, masih banyak yang belum mengetahui bahwa WhatsApp memiliki fitur-fitur yang jarang digunakan. Berikut trik fitur WhatsApp yang jarang diketahui orang.

Tips dan Trik Fitur Rahasia WhatsApp


1. Cara Menghilangkan Tanda Sudah Dibaca (Ceklis dua biru)


Mungkin kita pernah dianggap sombong karena hanya membaca pesan yang diterima tetapi tidak segera membalasnya. Terkadang ada saja alasan untuk kita tidak dapat membalas pesan ketika sudah dibaca.

Sejak adanya fitur tanda sudah dibaca (ceklis dua biru), kita di hadapkan dalam dua keadaan. Disisi lain hal itu menguntungkan untuk kita karena dapat mengetahui pesan kita sudah dibaca atau belum, sedangkan di sisi lain, hal itu membuat kita tidak leluasa mengatur waktu untuk membalas pesan yang diterima.

Jangan khawatir, sekarang sobat bisa menghilangkan tanda tersebut. Namun ruginya, selain orang lain tidak akan mengetahui pesannya sudah dibaca atau belum, kita sendiri pun tidak akan mengetahui pesan yang kita kirim sudah dibaca atau belum.

Jika sobat tetap ingin menggunakan fitur ini, caranya sangat mudah. Silahkan sobat klik menu "Setting" > Account > Privacy > lihat dibagian bawah ada tulisan "Read receipts", hilangkan tanda seklisnya. Selesai.

Jika sobat ingin tanda sudah dibaca kembali terlihat, caranya sama seperti di atas, lalu ceklis kembali tulisan "Read receipts".

2. Cara Menyembunyikan Last Seen (terakhir kali online)


Menyembunyikan status online atau Last seen adalah fitur yang paling banyak dicari oleh pengguna WhatsApp. Fitur ini juga masih ada hubungannya dengan fitur tanda sudah dibaca.

Mungkin sobat pernah diterug oleh seseorang "Terakhir online jam sekian, tapi ko pesan saya tidak dibalas?" Terkadang kita tidak punya banyak waktu untuk membalas setiap pesan yang masuk karena beberapa faktor.

Maka dari itu, fitur ini sangat cocok digunakan. Caranya klik menu "Setting" > Account > Privacy > Last Seen > terdapat 3 pilihan, silahkan sobat pilih sesuai keinginan.

Baca Juga: Cara Bikin Teks Tebal, Miring, dan Coret di WhatsApp

Selain Last Seen, sobat juga bisa menyembunyikan Profile Photo dan juga Status. Pilihannya ada tepat di bawah kolom Last Seen. Silahkan sobat pilih sesuai keinginan.

3. Cara Mengetahui Lebih Detail Kapan Pesan Dibaca


Mungkin cara ini lebih berguna untuk pesan yang sobat kirim di grup WhatsApp. Untuk personal, jika sobat menghilangkan Tanda Sudah Dibaca (Ceklis dua biru) hal ini tidak terlalu berpengaruh karena sobat tetap tidak akan bisa mengetahui kapan pesan dibaca.

Caranya sangat mudah, sobat cukup tekan selama beberapa detik pesan yang sudah sobat kirim. Nantinya akan muncul menu info yang ada di atas layar. Klik simbol huruf (i) yang dilingkari. Dan sobat akan melihat kapan pesan sobat dibaca. Untuk grup, sobat juga bisa melihat siapa saja yang sudah membaca pesan tersebut.

Perlu sobat ketahui, fitur ini hanya bisa dilakukan terhadap pesan yang sobat kirim saja. Sobat tidak akan bisa melakukan hal ini pada pesan milik orang lain.

4. Cara Membuat Shortcut yang Tampil di Halaman Depan Handphone

Fitur ini sangat berguna jika ada seseorang atau grup yang sering berinteraksi dengan sobat. Nantinya sobat tidak perlu membuka tutup WhatsApp untuk membuka atau membalas chat dari percakapan tersebut.

Caranya, tekan selama beberapa detik percakapan yang ingin dijadikan shortcut, lalu klik "Add chat shortcut. Secara otomatis percakapan tersebut akan menjadi shortcut yang akan tampil di halaman depan Handphone seobat.
Related Post